EMPLOYEE ENGAGEMENT

Dalam bukunya “Break All The Rules” Marcus Buckingham di tahun 1999 yang menggemparkan dunia manajemen, Gallup menemukan dua hal terpenting yaitu :

PERTAMA :

karyawan yang menjawab ke 12 pertanyaan dari Q-12 dengan sangat setuju bekerja dibagian yang memiliki

    • Profit
    • Produktivitas
    • Retensi  karyawan dan
    • Kepuasan Pelanggan tertinggi

KEDUA : bahwa atasan langsung pada bagian yang bersangkutanlah yang sangat berpengaruh terhadap hasil tersebut diatas bukan perusahaannya.

PERTAMA : kedua belas pertanyaan tersebut adalah

  1. Apakah saya tahu apa yang diharapkan dari saya di kantor ini?
  2. Apakah ada peralatan dan bahan yang saya perlukan untuk melaksanakan pekerjaan saya dengan baik?
  3. Apakah dikantor ini saya mendapat kesempatan untuk melakukan yang terbaik setiap harinya, ?
  4. Dalam 7 hari terakhir apakah saya mendapat pujian atau penghargaan untuk tugas yang berhasil saya lakukan dengan baik ?
  5. Apakah atasan langsung saya atau seseorang dikantor memperhatikan saya sebagai pribadi?
  6. Apakah ada seseorang dikantor, yang mendorong kemajuan saya?
  7. Apakah pendapat saya dikantor, diperhitungkan?
  8. Apakah misi perusahaan membuat saya merasa pekerjaan saya penting?
  9. Apakah rekan kerja saya sepakat untuk menghasilkan kerja yang bermutu?
  10. Apakah saya punya teman yang terdekat di kantor?
  11. Dalam 6 bulan terakhir, pernahkan seseorang dikantor membahas kemajuan saya?
  12. Apakah di kantor, saya mempunyai kesempatan untuk belajar dan berkembang?

KEDUA : Pentingnya Atasan langsung

  • Tidak ada sistem, proses atau tim yang bisa berjalan sendiri betapapun moderennya, yang dapat menggantikan peran atasan langsung
  • Karena atasan langsung merupakan penghubung emosi antara
    • karyawan didalam kelompoknya
    • karyawan dengan pelanggan
    • karyawan dengan perusahaan tempatnya bekerja

Tulisan berikutnya akan membahas kedua belas elemen satu persatu setiap dua minggu  untuk menuntaskan pengertian tentang Employee Engagement yang saat ini mulai ditunggu oleh para Manager di Indonesia setelah 12 tahun diperkenalkan oleh Gallup Organization

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

